Saturday, July 29, 2017

menjadi karyawan yang bisa dipercaya atasan


Menjadi Karyawan yang bisa dipercaya oleh atasan 

Menjadi karyawan yang dipercaya oleh Atasan bisa membuat seseorang cepat dipromosikan dan mudah dinaikkan gajinya. Karyawan yang dipercaya oleh atasan biasanya suka memuji anak buahnya, mendengarkan saran dan masukan anak buahnya, suka curhat ke anak buahnya, suka mendatangi anak buahnya untuk diajak bicara, meminta pendapat, diminta untuk meninjau kinerja orang lain, tidak mudah di PHK jika melakukan kesalahan, dll.

Tetapi menjadi karyawan yang bisa dipercaya oleh atasan tidaklah mudah. Banyak faktor-faktor yang menyebabkan karyawan tidak dipercaya oleh atasan seperti karakter karyawan, karakter atasan dan persaingan rekan kerja yang sama-sama mencoba merebut hati atasan.

Di bawah in merupakan cara agar seorang karyawan bisa dipercaya oleh Atasan :

  1. Jadilah orang yang jujur

    Setiap atasan pasti senang dengan anak buahnya yang punya karakter jujur. Orang yang jujur adalah orang yang bisa dipercaya dan punya integritas yang kuat.

  2. Datang tepat waktu

    Seorang anak buah yang selalu datang pagi sesuai dengan aturan masuk perusahaan maka anak buah tersebut akan mendapatkan nilai positif dari atasan

  3. Berpakaian yang sopan dan Rapi

    Berpakaian yang sopan, rapi dan bersih. Setiap atasan akan selalu memperhatikan kerapian dari anak buahnya.

  4. Meja kerja yang rapi

    Atasan akan selalu memperhatikan meja kerja anak buahnya. Meja kerja yang rapi dan bersih menunjukkan karyawan tersebut adalah orang rapi dan teratur.

  5. Cari tahu aturan atasan dan Patuh terhadap aturan yang dibuat oleh Atasan

    Amati atasan, pelajari dengan benar aturan yang dibuat oleh atasan. Dan cari tahu hal-hal yang disukai dan dibenci oleh Atasan

    Selain itu kita harus selalu tanggap dengan intruksi dan perintah atasan. Tetapi kita tidak perlu patuh terhadap atasan jika itu melanggar peraturan perusahaan.

  6. Ramah dan Murah Senyum

    Jadilah Ramah dan Murah Senyum di kantor. Orang yang ramah dan murah senyum banyak kenal orang dan banyak disukai oleh orang.

    Tipe karyawan yang ramah dan murah senyum merupakan salah satu karakter yang disukai atasan.

  7. Selesaikan pekerjaaan dengan baik dan secepat mungkin

    Selesaikan pekerjaan dengan baik, teliti 100% dan akurat, lebih cepat dari target yang dibuat dan pastikan kerjaan beres 100%.

    Dan kita pun harus terus memberikan laporan ke atasan jika pekerjaan kita telah selesai. Buat atasan kita kagum dan menjadi lebih percaya dengan kita.

  8. Kinerja dan produktifitas kerja yang baik

    Bangun kinerja yang baik. Salah satu kinerja yang baik adalah yang punya inisiatif, punya rencana kerja yang terencana, sistematis dan efektif, selalu meningkatkan soft skill dan kompetensi, dll.

  9. Buatlah pekerjaan atasan menjadi lebih mudah

    Bantulah pekerjaan atasan agar atasan menjadi lebih mudah. Berikan banyak ide dan saran yang membuat pekerjaan atasan menjadi lebih mudah.

  10. Akui kesalahan

    Akuilah kesalahan jika kesalahan tersebut hanya membuat kita ditegur oleh atasan. Tetapi kita pun harus belajar ngeles jika kesalahan tersebut bisa membuat diri kita dipecat oleh Atasan.

    Akuilah kesalahan jika memang kita salah tanpa harus menyalahkan orang lain atau rekan kerja yang lain. Dan belajarlah dari kesalahan tersebut agar kita semakin baik ke depannya.

  11. Mempunyai Hubungan yang baik dengan Rekan kerja satu Tim dan Divisi Lain

    Karyawan yang mempunyai hubungan yang baik dengan Rekan Kerja satu Tim dan Divisi lain biasanya cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

  12. Siap menerima tugas pekerjaan dari atasan

    Karyawan yang baik siap menerima tugas tambahan dari atasan. Jika pekerjaan itu bisa kita tangani maka kita bisa langsung kerjakan

    Tetapi kita juga harus berani menolak pekerjaan yang tidak sanggup kita kerjakan. Dengan syarat kita langsung belajar untuk tugas tersebut. Dan jika kita sudah mampu maka kita bisa lapor ke atasan bahwa kita siap untuk menerima tugas tersebut ke depannya.

  13. Bisa bekerja sama dalam Tim

    Seorang karyawan yang bisa dipercaya atasan adalah karyawan yang bisa belajar bekerjasama dengan Tim. Dengan belajar bekerjasama dengan Tim maka karyawan tersebut bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi.

  14. Dekati atasan

    Untuk menjadi karyawan yang dipercaya oleh atasan maka kita harus punya hubungan personal yang baik dengan atasan. Terus dekati atasan dengan mengamati atasan apa yang disukai dan apa yang tidak disukai. Terus bangun komunikasi yang baik.

  15. Sediakan waktu untuk menambah ilmu kompetensi

    Untuk menjadi karyawan yang dipercaya atasan maka karyawan juga harus menyediakan waktu untuk menambah ilmu untuk meningkatkan kompetensi. Sediakan waktu minimal 30 menit untuk menambah ilmu

No comments: